Pangan Fungsional

Saat ini telah terjadi pergeseran filosofi makan. Tujuan makan tidak hanya sekedar mengenyangkan perut, tetapi lebih utama untuk mencapai tingkat kesehatan dan kebugaran yang optimal.

Hal ini dipengaruhi oleh hasil-hasil riset mutakhir tentang khasiat berbagai komponen bahan pangan, yang kemudian menjadi fungsi ketiga dari makanan. Makanan yang mempunyai tiga fungsi, yaitu: memenuhi kebutuhan gizi, mempunyai citarasa dan penampilan menarik, serta mempunyai efek fisiologi yang menguntungkan bagi tubuh, dikenal dengan pangan fungsional.

Jepang merupakan negara pelopor dalam riset dan industri produk – produk pangan fungsional sejak tiga dasa warsa yang lalu. Di Indonesia, konsep pangan fungsional baru populer dalam 10 tahun terakhir ini. Namun, sesungguhnya banyak makanan tradisional yang memenuhi persyaratan sebagai pangan fungsional…

Berbagai jenis minuman nusantara yang dapat digolongkan sebagai pangan fungsional antara lain: wedang jahe, wedang secang, wedang jeruk, beras kencur, kunyit asam, bir temulawak, bir plethok, ronde, sekoteng, bandrek, serbat dan dadih. Khasiat minuman tradisional antara lain, dapat menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, batuk, influenza, reumatik, meningkatkan stamina tubuh, melancarkan pencernaan dan anti diare. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan minuman tradisional ialah sifat inferior, keterbatasan pengetahuan dan teknologi, serta prasarana dan promosi. Oleh sebab itu perlu upaya untuk mengembangkan minuman tradisional sebagai pangan fungsional agar disukai konsumen dan dapat disejajarkan dengan minuman impor yang sekarang marak di negri ini.

Tentu saja masih banyak jenis-jenis yang bisa digolongkan dalam kategori pangan fungsional yang dapat kita gali dari bumi kita tercinta.

Dan yang pasti, dengan argumentasi dan latar belakang yang kami paparkan diatas bahwa pangan jenis ini cukup prospektif.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: