Cost Of Quality

Sebagian besar perusahaan yang sukses sangat memahami bahwa lebih mudah mencegah suatu permasalahan yang terjadi daripada memperbaiki, khususnya setelah diperingatkan oleh pelanggan. Kualitas yang begitu rendah membebani perusahaan dan menurunkan daya saingnya. Di sisi lain, kualitas yang bagus mengamankan keuangan perusahaan dan meningkatkan daya saingnya. Pertanyaan penting yang kemudian dilontarkan ,”Bagaimana sebuah perusahaan mengukur dan meningkatkan kualitas kerjanya?” Jawabannya tergantung pada pembentukan suatu sistem untuk menurunkan COQ ….Model PAF
COQ dapat dihitung melalui Model Pencegahan, Penaksiran dan Kegagalan (Prevention, Appraisal and Failure Model) atau lebih umum dikenal sebagai PAF Model, COQ secara umum dibagi dalam kelompok biaya dengan empat kategori kegiatan :
– Prevention Costs (Biaya – Biaya Pencegahan)
– Appraisal Costs (Biaya – Biaya Penaksiran)
– Internal Failure Costs (Biaya – Biaya Kegagalan Internal)
– External Failure Costs (Biaya – Biaya Kegagalan External)

Biaya pencegahan dan penilaian secara umum dikenal sebagai Cost of Conformance (COC) atau biaya yang sesuai – Biaya melakukan segala sesuatu secara tepat saat pertama kalinya. Biaya kegagalan internal dan eksternal dikenal sebagai Cost of Non-conformance ( CONC) atau biaya yang tidak sesuai – Biaya kecerobohan sebagai akibat dari melaksanakan segala sesuatu dengan tidak tepat di saat pertama kali.

Sayangnya, pada sebagian besar perusahaan terdapat COQ yang terdiri dari pengulangan inspeksi, kesalahan – kesalahan, kerja ulang, reparasi, pemborosan, penjaminan dan pengembalian dana pelanggan – yang dikelompokkan pada CONC. Mulai saat ini, fokus dari perusahaan-perusahaan tersebut harus mengurangi CONC dan meningkatkan investasi dalam CONC dengan mengambil tindakan pengukuran pencegahan dan penaksiran/penilaian, yang ditujukan pada hal – hal yang tidak sesuai. Dampak secara keseluruhan akan mengurangi COQ, sebagaimana biaya kegagalan yang sesungguhnya harus dikurangi.

Manfaat COQ
Pada dasarnya, suatu sistem untuk mengukur COQ yang berdiri sendiri tidak cukup berarti dalam merubah kondisi. Oleh karena itu, sistem COQ harus diikuti dengan peningkatan proses yang mana menggunakan data COQ yang diinput secara langsung.
Manfaat lembaga semacam Sistem COQ, adalah :
– Mengukur apa yang sebelumnya terpikirkan sebagai informasi yang sederhana menurut
kualitasnya.
– Menandai daerah yang potensial untuk kemajuan dan dapat dijadikan sebagai
prioritas.
– Mengukur peningkatan proses.
– Menyediakan suatu metode pengukuran atas kembalian investasi (return on
investment).
– Konversi atas indikator berbagai kinerja yang digunakan oleh perusahaan dalam
satuan unit dollar.
– Membekali para manajer dengan sebuah kekuatan piranti untuk berkomunikasi dengan
manajemen senior – yaitu dengan bahasa uang.

Kerangka Kerja
COQ berhubungan langsung dengan empat kategori dalam kerangka kerja SQA, yaitu :

Menggunakan informasi dan analisis.
Data COQ dapat digunakan sebagai salah satu dari indikator kinerja dalam kartu
nilai pengukuran yang seimbang, untuk mengukur kinerja sebuah organisasi.

Perencanaan strategis
Data COQ dapat diambil untuk menguraikan pendefinisian sebuah tujuan dari suatu
organisasi yang di-identifikasikan dalam proses perencanaan strategi. Di dalam
hal ini, kunci kebutuhan dan rencana kinerja COQ merupakan terintegrasinya semua
rencana dan tujuan dari organisasi.

Manajemen Kualitas Proses
Manajemen yang berdasarkan sistem dan pengukuran COQ dapat berpengaruh secara
langsung pada kategori ini yang merupakan bagian integral dari Sistem Total
Kualitas yang mengatur dan meningkatkan proses kerja suatu organisasi. Dengan
penekanan pada aktifitas pencegahan (yaitu : menjadikan segala pekerjaan tepat
pada saat pertama kali dilakukan) dan melakukan peningkatan secara terus –
menerus, kerusakan dan biaya pada akhirnya akan dikurangi secara signifikan.

Kualitas dan Hasil Operasional
Pencapaian hasil dihubungkan pada tujuan kinerja COQ dan pengaruh naik turunnya
kinerja COQ dapat menjadi acuan dan dilaporkan dalam kategori ini.

Dari sini, ditetapkan suatu sistem untuk mengukur dan mengurangi COQ dalam membantu mencapai keunggulan bisnis.

Membentuk Sebuah System COQ
Pembentukan suatu sistem COQ lebih lanjut akan menghasilkan penyempurnaan sejumlah tahapan. Masing-masing tahap terdiri dari sejumlah kelompok aktifitas yang saling mengikat. Aktifitas ini harus disempurnakan sebelum berpindah pada tahapan berikutnya. NAmun yang lebih penting adalah komitment dan kebulatan tekad dari semua pihak untuk untuk membuat semuanya menjadi mewujud, disertai dengan kemauan kuat untuk lebih baik, dan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: