Outbond Management Training

Dalam pembangunan jangka panjang yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia, maka segala unsur yang mendorong percepatan proses pembangunan merupakan perhatian utama. Peranan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia sangat dibutuhkan, merujuk pada kenyataan bahwa hasil yang optimal lebih didominasi oleh faktor human resources assets (SDM) yang berkualitas dibandingkan oleh faktor financial assets, maka investasi yang paling strategis adalah dengan melakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang tentunya dapat dicapai melalui kegiatan pelatihan (training).

Outbound Management Training (OMT).OMT adalah suatu program pelatihan manajemen di alam terbuka yang berdasarkan pada prinsip “ experiential learning “ (belajar melalui pengalaman langsung) yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Dalam program OMT tersebut peserta secara aktif dilibatkan dalam seluruh kegiatan yang dilakukan. Dengan langsung terlibat pada aktivitas (learning by doing) peserta akan segera mendapat umpan balik tentang dampak dari kegiatan yang dilakukan, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan diri setiap orang dimasa mendatang.

Metode Experiential Learning dipercaya bukan hanya merupakan sebuah “trend” dalam metode pelatihan, namun telah dikaji sebagai suatu metode yang paling efektif dalam mengakomodasi kebutuhan / tuntunan terhadap hasil dari suatu pelatihan.

Guna mencapai tujuan dan mengoptimalkan metode pelatihan tersebut, media Outdoor Activities atau yang juga dikenal dengan Outbound Training merupakan pilihan yang tepat. Dengan konsep interaksi antar peserta dan alam melalui kegiatan simulasi di alam terbuka diyakini dapat memberikan suasana yang kondusif untuk membentuk sikap, cara berfikir serta persepsi yang kreatif dan positif dari setiap peserta guna membentuk jiwa kepemimpinan, kebersamaan / teamwork, keterbukaan, toleransi dan kepekaan yang mendalam, yang pada harapannya akan mampu memberikan semangat, inisiatif, dan pola pemberdayaan baru dalam suatu organisasi, sekolah tinggi (Universitas) maupun instansi perusahaan.

Melalui simulasi Outdoor activities ini peserta juga akan mampu mengembangkan potensi diri, baik secara individu (Personal Development) maupun dalam kelompok (Team Development) dengan melakukan interaksi dalam bentuk komunikasi yang efektif, manajemen konflik, kompetisi, kepemimpinan, manajemen resiko, dan pengambilan keputusan serta inisiatif.

Untuk informasi Oasis Outbond  Silakan download di : http://www.geocities.com/arife44/Oasis-Outbond-.doc

5 Tanggapan

  1. Salam Kenal,
    Kami, “Mr.Camp”, khusus menyewakan/ merentalkan tenda dome & alat-alat camping/ outdoor. Kami berada di tapos-ciawai yang merupakan jalan alternatif dari tapos yang mau ke sukabumi. Tlp. 0251 910 8201, Gojin 08151 9696 749. Mdh2an informasi ini bermanfaat buat kita semua. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Hormat kami. Arnold 0817 230 8338. Thx

  2. thanks arnold atas infonya, wah kita tetanggaan ya? jadi kapan2 sekiranya perlu deket ngubunginnya neeh…lam kenal

  3. Hai, salam kenal. Mdh2an informasi ini bermanfaat buat Bapak/ Ibu semu.
    Untuk informasi ”Rental tenda/ tenda dome & alat-alat camping/ berkemah serta pembuatan & penjualan tenda dan tenda branding/ promosi, yang berguna untuk camping, berkemah, refreshing, pendidikan dan pelatihan di alam terbuka, klik aja :
    http://www.mrcamp.net atau http://www.tendaku.net. . maaf ya jika Gojin 08151 9696 749

  4. Salam kenal Bro…..saya sangat setuju dengan uraiannya…and kebetulan kita punya base camp di pulau bidadari – kepulauan seribu jakarta utara…so kalau mau OMT dengan matra laut …kami siap membantu….kita tunggu bro….http://bicatraining.blogspot.com

  5. Bung Arnold dan Gaguk, bravo climber..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: